April 09, 2010

Ikan Badut Kebal Racun, Poliandri dan Ganti Kelamin

 Beberapa waktu lalu, pembaca sudah dikenalkan dengan ikan badut. Ikan ini ternyata sangat akrab dengan anemon. Ternyata, ikan ini kebal terhadap racun. Seperti penghuni laut lainnya, ikan laut sebenarnya tidak punya kemampuan buat "ngelawan" racun anemon. Akan tetapi, mereka punya taktik jitu.
Tentakel anemon dilapisi oleh lendir yang memiliki kandungan tertentu untuk melindunginya dari sengatan tentakel yang lain, atau tersengat oleh tentakel sendiri. Nah, lendir inilah yang dimanfaatkan oleh ikan badut. Dia dapat bertahan beberapa saat terhadap sengatan tentakel sebelum lumpuh.
Caranya, dengan menggosok-gosokkan badannya secara cepat pada tentakel, supaya dia terlumuri dengan lendir antisengat itu. Dalam waktu satu jam, dia bisa menyelimuti seluruh tubuhnya dengan lendir antisengat. So, kebal deh! Dengan demikian, mereka bisa bermain dengan aman di antara tentakel-tentakel anemon. . Di malam hari, ikan badut ternyata sering tidur berselimut tentakel-tentakel itu.
So, jelas sekarang? Jadi kebalnya bukan karena kebal alami. Tapi kebal buatan. Kalau ikan badut dipisahkan dari anemon selama beberapa jam, mereka akan segera kehilangan kekebalannya. Dan untuk menjadi kebal kembali, mereka perlu beradaptasi dan perlu waktu seperti disebutin diatas.
Poliandri dan Ganti Kelamin

Sekarang tentang pola kawin ikan badut nih. Beda dengan ikan-ikan yang lain, perilaku kawin ikan badut menunjukkan sifat kebalikan. Kalau ikan lain, diperlukan beberapa betina untuk satu jantan, nah pada ikan badut justru satu betina memiliki beberapa jantan.

Satu lagi kehebatan ikan badut, dia bisa berubah kelamin. Begini ceritanya. Perubahan kelamin ini ada hubungannya ama hierarki sosial yang ketat. Dalam satu koloni ikan badut yang hidup dalam anemon, biasanya terdiri dari satu betina dewasa yang dominan, dan beberapa jantan yang ukurannya lebih kecil, plus beberapa ikan badut muda. Nah, ikan-ikan muda ini semua berjenis kelamin jantan.

 

Full music.!!

Masukan Nama Penyanyi - Judul Lagu

Mesin Cari Free Download Mp3 Gratis
Powered By Blogger
Terima kasih telah mengunjungi blog saya, jangan lupa balik laggi yaaa..